fbpx
Select Page

Salah satu bidang yang dianggap penting dalam sebuah sistem administrasi atau manajemen pendidikan adalah yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) atau personalia yang secara langsung memang terlibat dalam proses pendidikan. Lebih tepatnya lagi, berikut adalah pembahasan mengenai penerapan manajemen SDM Sekolah atau lembaga pendidikan.

Pengertian Manajamen SDM Sekolah

Pengertian manajemen SDM secara umum bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengelola Sumber Daya manusia yang memusatkan pada praktik, kebijakan dan juga fungsi yang ada dalam manajemen untuk bisa mencapai tujuan suatu organisasi.

Sementara bila dikombinasikan ke dalam sekolah atau pendidikan, manajemen SDM sekolah bisa diartikan sebagai suatu proses penanganan yang dilakukan pada berbagai masalah dengan ruang lingkup yang berhubungan dengan pendidikan agar bisa menunjang berbagai macam aktivitas bidang pendidikan atau struktur organisasi yang ada untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Konsep Pelaksanaan Manajemen SDM Sekolah

Pendidikan atau sekolah merupakan bagian dari dimensi pembangunan, di samping itu pembangunan juga diarahkan serta memiliki tujuan untuk bisa mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kualitas tinggi agar bisa menunjang satu dengan lainnya dalam upaya pancapaian tujuan.

Selain itu, proses pendidikan juga berhubungan dengan berbagai macam upaya untuk bisa mengembangkan mutu sumber daya manusia. Sementara manusia dengan mutu tinggi pada dasarnya sudah digambarkan serta dirumuskan dengan jelas dalam sebuah rumusan tujuan pendidikan yang searah dengan tujuan pembangunan.

Proses Manajemen SDM Sekolah

Dalam pelaksanaanya, dalam lembaga pendidikan atau sekolah, Manajamen SDM pun harus bisa dilakukan sebaik mungkin. Terlebih orang-orang yang berada dalam bidang pendidikan harus memiliki kompeten yang tinggi dalam bidangnya. Beberapa hal yang dilakukan sebenarnya umum dilakukan dalam proses manajemen SDM lainnya, berikut diantaranya:

Melakukan analisis jabatan

Ini adalah kegiatan yang dilakukan agar bisa membantu pelaksanaan manajememn dalam proses rekrutmen tenaga pendidikan atau staff pegawai sebagai upaya untuk menyediakan kebutuhan SDM dalam lingkungan sekolah. Beberapa informasi yang bisa didapatkan dari analisis jabatan adalah:

  • Nama jabatan, lokasi dan gaji atau upah rata-rata
  • Hubungan kerja dan posisi dalam lembaga pendidikan
  • Tugas, wewenang serta tanggung jawab
  • Peralatan yang digunakan
  • Kondisi lingkungan kerja
  • Syarat fisik, mental, pengetahuan dan hal lain yang memang dibutuhkan

Beberapa hal di atas bisa diperoleh dalam proses analisis.

Seleksi pegawai

Seleksi dilakukan pada tenaga pendidik atau staff yang akan menjadi bagian dari lembaga atau sekolah. Seleksi dilakukan pada mereka yang memiliki kualifikasi sesuai.

Orientasi dan penempatan

Bila proses seleksi sudah dilakukan maka selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan masa orientasi atau pengenalan pada para pendidik dan staff mengenai segala macam yang berhubungan dengan lembaga tersebut. Baik dalam hal kurikulumnya, kesiswaan dan yang lainnya.

Pelatihan

Training atau pelatihan juga kerap kali dilakukan dalam sebuah sekolah atau lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan agar skill dalam kegiatan mengajar atau skill lain yang memang diperlukan oleh seorang pendidik bisa semakin terasah dan berkembang.

Mutasi

Proses mutasi atau pemindahan lokasi penempatan mungkin bisa saja dilakukan sesuai dengan kebijakan sekolah atau lembaga pendidikan yang sudah ditetapkan.

Promosi

Promosi merupakan salah satu hal yang bisa membuat staff atau tenaga pendidik bisa naik pangkat ke status jabatan dan tugas yang lebih tinggi. Promosi dilakukan guna mendorong semua SDM yang terlibat dalam lembaga pendidikan berperan aktif dalam mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan.

Gaji atau kompensasi

Ini merupakan sejumlah uang yang diberikan kepada para pegawai (staff dan pendidik) rutin setiap bulannya. Gaji merupakan hak yang harus didapatkan dan kewajiban lembaga pendidikan untuk memberikan.

Itulah pembahasan mengenai Manajamen SDM Sekolah. Pada dasarnya tidak berbeda dengan pengaturan manajemen di lembaga lain, namun ini akan lebih berfokus pada pengembangan pendidikan dalam sekolah.