fbpx
Select Page

Tak dapat dipungkiri, kalau perkembangan teknologi sekarang ini sudah semakin pesat dan pengaruhnya sudah memasuki banyak sekali aspek, termasuk pendidikan. Ya, semakin modernnya zaman tentu saja perubahan sistem pendidikan pun harus semakin berkembang. Bila memang teknologi sudah masuk dan berperan maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari strategi paling tepat agar teknologi tidak berpengaruh negative. Lantas, bagaimana sebenarnya teknologi dan pendidikan bisa saling bersinergi dalam menciptakan sistem pembelajaran yang lebih modern? Berikut adalah pembahasannya.

Pengertian Teknologi dan Pendidikan

Bila melihat pada pengertian umumnya, teknologi adalah sebuah aplikasi atau penerapan yang memiliki tujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia dan mempermudah mendapatkan hal atau tujuan yang ingin dilakukan. Sementara pendidikan merupakan sebuah alternative kesadaran dari semua lapisan masyarakat maupun pemerintah melalui kegiatan belajar dalam kelas, pelatihan dan kegiatan lain yang dilakukan di dalam lembaga pendidikan maupun di luar lembaga pendidikan.

Konsep Teknologi dan Pendidikan

Menjadi seorang pendidik tentunya harus bisa memahami bagaimana pengaruh teknologi dan pendidikan. Karena pada dasarnya kajian pendidikan akan menghasilkan konsep serta praktek pendidikan yang sedikit banyak nya bisa memanfaatkan media sebagai sumber pembelajaran.

Terdapat sebuah persepsi yang menyatakan bahwa teknologi dan pendidikan sama dengan sebuah media. Padahal kedudukan media memiliki fungsi sebagai sarana agar bisa memudahkan dalam proses pencapaian informasi ataupun bahan pembelajaran. Pandangan lainnya juga memasukan kurikulum pada bagian teknologi dan pendidikan, namun tentunya dengan berdampingan.

Sehingga bila menghubungkan antara teknologi dan pendidikan maka ini akan berkaitan juga dengan kurikulum teknologi dan pendidikan. Sebuah studi yang berfokus pada proses pengembangan kurikulum dalam pendidikan serta pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan tersebut. Pemanfaatan teknologi secara spesifik dan tempat dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar agar lebih efisien dan lancar. Oleh sebab itu, teknologi pendidikan harus memiliki peran yang signifikan pada pengembangan kurikulum.

Di samping itu, pendidikan sendiri bisa dibilang memiliki 3 ide utama, diantaranya:

  1. Memanfaatkan konsep proses dibandingkan dengan konsep produk
  2. Memanfaatkan istilah massage serta media instrumentation dibandingkan dengan istilah materials serta mesin
  3. Memperkenalkan bagian-bagian terpenting dari sebuah pembelajaran dan juga teori komunikasi

Manfaat Teknologi dan Pendidikan

Sistem ataupun alat yang masuk dalam dunia pendidikan dan bisa diadopsi dengan baik tentunya memiliki manfaat, peran dan fungsinya. Begitu juga teknologi dalam pendidikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diambil:

Teknologi pendidikan bisa menjadi alat

Ya, teknologi dalam pendidikan bisa menjadi sebuah alat untuk semakin mendukung konstruksi pengetahuan, seperti untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman serta kepercayaan atau bisa juga untuk mengorganisir produksi, multimedia yang menjadi dasar pengetahuan pelajaran.

Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi

Sinergi teknologi dan pendidikan juga bisa menjadi salah satu sarana informasi agar bisa mendapatkan pengetahuan lebih dari sebuah pembelajaran baru dalam kelas. Akses informasi yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan mudah. Selain itu, teknologi juga bisa dengan mudah membandingkan perspektif, pandangan dunia dan kepercayaan.

Teknologi pendidikan bisa menjadi media pendukung pelajaran

Dalam proses belajar di dalam kelas, tentunya harus ada inovasi-inovasi agar sistem pembelajaran tidak semakin monoton. Di samping itu dengan penerapan teknologi dan pendidikan, itu bisa menjadi media pendukung pelajaran dalam kelas.

Teknologi sebagai mitra intelektual

Teknologi yang dihubungkan dengan pendidikan juga bisa menjadi mitra intelektual yang akan mendukung pembelajaran dimana saja. Teknologi bisa membantu para pelajar mengartikulasikan atau mempresentasikan apa yang mereka tahu.

Selain 4 manfaat di atas, teknologi dan pendidikan juga bisa semakin membantu meningkatkan mutu pendidikan dalam lingkungannya, bisa meningkatkan efektifitas serta efisiensi kegiatan belajar mengajar hingga bisa memudahkan lembaga pendidikan mencapai tujuan pendidikan yang telah dibuat.

Namun, manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan bila konsep teknologi dan pendidikan sudah diterapkan dengan benar, terkonsep dan diatur oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan dan peduli tinggi pada perkembangan teknologi. Karena pada dasarnya teknologi memiliki arti yang sangat luas, pengaruhnya pun bisa diterapkan pada berbagai macam aspek dalam dunia pendidikan. Yuk, kembangkan konsep teknologi dan pendidikan untuk menciptakan sistem pembelajaran yang lebih baik!

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pendidikan

https://wekaindriani.wordpress.com/about/teknologi-pembelajaran/

Teknologi Pembelajaran: definisi dan kawasannya (Barbara B. Seels & Rita C Richey)

https://www.silontong.com/2014/06/02/4-pengertian-teknologi-pendidikan-dan-tujuannya/#