fbpx
Select Page

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”, hal itu bukan berarti Anda harus berangkat langsung ke China untuk mencari ilmu. Artinya Anda harus bisa mencari ilmu sebanyak mungkin bahkan ke tempat yang sangat jauh sekalipun. Ya, pendidikan merupakan hal penting untuk manusia. Di mana semakin tingginya tingkat pendidikan maka akan semakin tinggi juga tingkat kesejahteraan hidup. Ada banyak sekali metode yang bisa dimanfaatkan untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran. Metode tersebut tentunya harus dipilih sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan siswa atau pelajar.

Salah satu metode pembelajaran yang sedang banyak digunakan adalah metode elearning untuk pembelajaran di kelas. Metode yang dianggap bisa menjadi solusi pembelajaran tak terbatas oleh tempat dan waktu.

Elearning, Metode Paling Efektif Dalam Pembelajaran

Sudah tidak bisa dipungkiri, kalau sekarang ini kemajuan teknologi sudah memberikan peluang interaksi pembelajaran yang lebih praktis dan tidak harus mengandalkan pertemuan secara langsung. Teknologi e-learning sudah cukup banyak ditawarkan karena mempunyai cukup banyak kelebihan. Ini karena teknologi elearning memanfaatkan integrasi antara sebuah perangkat komputer ataupun gadget pada koneksi internet dilengkapi dengan fitur dan pelayanan unggulan yang sudah dibuat di dalamnya. Dengan elearning, baik pengajar maupun siswa bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara praktis.

Di samping itu metode elearning sendiri tidak hanya mengandalkan online saja tanpa adanya pengaturan pengajaran yang baik. Ada 2 metode pengajaran yang bisa diterapkan diantaranya blended learning dan flipped classroom.

Blended Learning

Metode elearning yang melibatkan intruksi secara online dan tatap muka. Artinya keduanya akan saling berhubungan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih komprehensif. Misalnya saja saat seorang pengajar atau pun guru memberikan bahan-bahan online yang bisa para siswa gunakan untuk lebih memperluas pemahaman mereka mengenai topic pembahasan tertentu. Atau bisa juga seorang pengajar memberikan proyek kelompok seperti berdiskusi yang bisa dilakukan secara online.

Flipped Classroom

Metode elearning yang melibatkan pembagian antara teknologi dan pembelajaran dalam kelas atau tatap muka. Misalnya, para siswa akan diminta untuk menonton video pembelajaran serta berpartisipasi dalam latihan belajar online sebelum mereka masuk kelas. Sehingga saat berada di dalam kelas mereka hanya akan mengeksplorasi pembelajaran lebih luas lagi.

Kelebihan Pembelajaran Dengan Sistem Elearning

Pembelajaran menggunakan sistem elearning juga memiliki kelebihannya sendiri, beberapa diantaranya adalah:

Sistem pembelajaran yang lebih fleksibel

Menerapkan elearning sangat memungkinkan para siswa untuk bisa mengatur jadwalnya sendiri. Jadwal belajar pun lebih fleksibel serta sudah didukung dengan materi yang bisa diakses di mana pun dan kapan pun.

Ritme belajar akan menyesuaikan dengan kemampuan siswa

Karena kegiatan belajar bisa dilakukan secara individu maka akan membuat siswa lebih mudah menyesuaikan kemampuannya sendiri saat akan belajar. Bila di dalam kelas, siswa tidak bisa mengulang secara terus meneru pembelajaran yang tidak dipahami maka saat melakukan secara online ia bisa mengulangnya hingga bisa.

Di antara 2 kelebihan di atas masih banyak lagi kelebihan yang bisa didapat dari metode elearning untuk pembelajaran di kelas. Sebagai pengajar, Anda hanya perlu menyesuaikan sistem elearning dengan materi pembelajaran yang sudah disusun. Jangan sampai penerapannya malah membuat pelajaran yang didapatkan siswa menjadi berantakan. Buatlah konten materi untuk pembelajaran elearning lebih menarik agar siswa tidak merasa bosan dan mudah menyerap pelajaran.

Referensi:

https://elearningindustry.com/blended-learning-vs-flipped-learning-can-tell-difference