fbpx
Select Page

Sebagai seorang pendidikan, kita kerap kali ingin bisa memberikan materi pembelajaran yang lebih baik pada para siswa atau peserta didik agar materi yang disampaikan dengan mudah bisa diterima. Di samping itu sekarang ini, metode pembelajaran dalam proses penyampaian materi sudah sangat beragam. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, salah satu yang direkomendasikan dan patut Anda coba lakukan adalah dengan membuat video untuk pembelajaran.

Pembuatan video bisa menjadi salah satu media agar anak-anak lebih memahami pelajaran secara visual atau elearning. Di samping itu, mungkin sebagai pengajar, Anda juga kerap kebingungan bagaimana cara membuat video yang interaktif dan mudah ditangkap oleh pemahaman siswa. Nah, agar lebih mudah diaplikasikan, berikut adalah hal yang perlu dilakukan saat membuat video pembelajaran.

#1 Buatlah sebuah skenario

Pembuatan skenario disini bukanlah skenario yang rumit, Anda hanya membutuhkan ringkasan materi atau garis besar materi pelajaran untuk dimasukan ke dalam video. Perhatikan tata bahasanya, apakah bisa mendukung video elearning yang Anda buat atau tidak. Lalu Anda tentukan apakah video hanya akan menampilkan visual tulisan dan gambar saja, atau akan ada tambahan audio bahwa Anda sedang menerangkan isi video tersebut.

#2 Buat ilustrasi pendukung

Illustrasi gambar juga menjadi hal penting yang perlu ada di dalam video pembelajaran yang akan dibuat. Jangan sampai materi yang disampaikan lewat video malah justru lebih monoton dan membosankan. Anda bisa mencari gambar illustrasi pendukung lewat google. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber gambarnya ya agar tidak dianggap plagiat atau mencuri gambar orang lain.

#3 Proses pembuatan video

Terakhir adalah Anda bisa langsung membuat video. Namun, bagi seorang pengajar yang ingin membuat videonya sendiri tanpa banyak melibatkan banyak pihak mungkin kebingungan, harus menggunakan apa. Nah, salah satu teknik mudah yang paling direkomendasikan adalah teknik screencast. Cara yang bisa membantu anda merekam seluruh aktivitas di layar komputer sekaligus narasinya sehingga akan terbentuk video tutorial. Ya, cara ini akan lebih cocok diterapkan pada video yang menerangkan step by step suatu cara.

Cara tersebut bisa lebih mudah bahkan murah sebab Anda tidak harus melibatkan banyak orang, bahkan kamerapun tidak diperlukan. Salah satu contoh video pembelajaran yang bisa dibuat misalnya cara membuat persentasi power point yang ditambahkan suara narasi. Dalam proses pembuatannya, anda juga tidak perlu terlalu repot memikirkan prosesnya seperti naskah atau skenario. Anda hanya hanya perlu menyiapkan software apa yang akan Anda rekam dan tampilkan. Sementara untuk narasi sendiri sifatnya tidak terlalu wajib ya, Anda bisa mempertimbangkan bila memang dibutuhkan.

Sebagai seorang pendidikan, kita kerap kali ingin bisa memberikan materi pembelajaran yang lebih baik pada para siswa atau peserta didik agar materi yang disampaikan dengan mudah bisa diterima.

Lalu, software apa yang bisa digunakan untuk pembuatan video dengan teknik screencast? Yang lebih mudah dan memang umum digunakan, Anda bisa menggunakan camstudio.

Sementara itu, bila Anda ingin membuat video yang lebih bagus baik dari segi konten maupun pembuatannya, Anda bisa meminta bantuan mereka yang mengerti pembuatan video dengan software tertentu. Anda hanya perlu menyiapkan hal-hal yang diperlukan saja, seperti naskah.

Itulah beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk membuat video pembelajaran. Dalam prosesnya, memang tak akan sesingkat langkah-langkah di atas. Namun langkah tersebut bisa sangat membantu Anda dalam pembuatan video pembelajaran yang lebih baik. Karena bila Anda ingin membuat video tanpa mengkonsepnya terlebih dahulu malah akan berantakan bahkan materi yang ingin disampaikan justru sama sekali tidak tersampaikan.

Referensi:

https://www.slideshare.net/AndichaNarottama/langkah-pembuatan-video-pembelajaran

https://syahandrianeda.blogspot.com/2018/01/langkah-langkah-pembuatan-video.html

http://guraru.org/guru-berbagi/membuat-video-pembelajaran-dengan-screencast/